Mu Nyoto Di Jogja Pagi ini? Mampir Saja ke 5 Warung Soto Enak Ini

Kuliner - Sarapan di Jogja bisa pilih ragam menu enak, tapi kalau mau hangatkan perut, soto patut jadi pilihan. Berikut 5 tempat makan soto enak untuk sarapan di Jogja.

Mengisi perut di pagi hari paling enak dengan sajian berkuah hangat. Di Jogja, soto menjadi menu sarapan populer. Soto-soto di tempat ini dijajakan sejak pagi hari dengan racikan isian menggugah selera.

1. Soto Bathok Mbah Katro

Mau Nyoto Di Jogja Pagi ini? Mampir Saja ke 5 Warung Soto Enak Ini


Buka sejak pukul 6 pagi, racikan soto Mbah Katro bisa dinikmati di Jalan Candi Sambisari No. 6, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Soto di sini unik karena disajikan di batok atau tempurung kelapa. Isian sotonya ada nasi, tauge, potongan daging sapi, dan ditaburi cincangan daun seledri serta taburan bawang merah goreng.

Soto sapi di sini juga enak dimakan bersama pelengkap seperti tempe goreng garit yang padat kedelainya, sate ati, sate usus dan sate telur puyuh. Bonus bersantapnya adalah area makan dengan nuansa "ndeso" yang asri.

Politis ternama Sandiaga Uno pernah mencicip soto bathok di sini. Ia memesan seporsi soto dengan lauk tempe dan sate telur puyuh. Sandiaga lalu memuji kelezatan tempe goreng di sini.

2. Soto Sampah

Mau Nyoto Di Jogja Pagi ini? Mampir Saja ke 5 Warung Soto Enak Ini

Di Jalan Kranggan Nomor 2, Jetis, Anda bisa sarapan di warung makan soto 24 jam bernama Soto Sampah. Meski ada nama 'sampah', soto di sini tidaklah jorok. Nama 'sampah' diberikan para pelanggan karena isian soto memakai gajih sapi dan pelengkap lain yang membuat tampilan soto berantakan.

Isian lainnya adalah irisan kol, tauge, bihun, daging gajih dan juga siraman kuah soto yang mantap. Soto Sampag terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1970. Sarapan soto di sini dijamin tak bikin kantong bolong karena harganya sekitar Rp 6.000 saja.

3. Soto Ayam Pak Dalbe

Mau Nyoto Di Jogja Pagi ini? Mampir Saja ke 5 Warung Soto Enak Ini

Pencinta soto ayam bisa puaskan selera di Soto Ayam Pak Dalbe yang ada di Jalan Jend. Sudirman, Terban. Warung soto ini begitu laris sehingga tak jarang sudah habis sebelum waktu makan siang. Ciri khas soto racikan Pak Dalbe adalah rasanya yang gurih sedikit manis.

Isiannya dijamin bikin perut kenyang karena ada nasi, irisan kol, tauge, bihun, taburan daun seledri, bawang goreng, dan suwiran daging ayam kampung yang empuk. Kalau mau lebih kenyang, jangan lupa tambahkan pelengkap seperti ragam sate, gorengan, dan sayap ayam.

Kalau mau coba yang unik, ciciplah lentuk atau lenthok. Berupa perkedel dari ketela pohon dengan rasa khas. Konon lentuk makin enak saat dimakan bersamaan dengan kuah soto. Harga Soto Ayam Pak Dalbe mulai dari Rp 10.000 saja.

4. Soto Ayam Pak Gareng

Mau Nyoto Di Jogja Pagi ini? Mampir Saja ke 5 Warung Soto Enak Ini

Di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta ada soto ayam enak racikan Pak Gareng. Warung soto ini sudah buka sejak pukul 6 pagi sehingga jadi favorit untuk sarapan. Soto Ayam Campur dibanderol sekitar Rp 14.000.

Kuah soto ayam di sini begitu bening dan menyegarkan. Isiannya juga lengkap seperti suwiran ayam dan soun. Namun yang paling khas adalah tambahan irisan lenthok. Perkedel dari singkong ini juga tersedia di meja kalau pengunjung mau nambah.

 Daftar Sekarang

Untuk pelengkap, Soto Ayam Pak Gareng disajikan dengan sate ayam, sate hati, tahu bacem, tempe mendoan, dan kerupuk. Harga pelengkapnya juga tak mahal, sekitar Rp 1.000-3.000 per buah.

5. Soto Daging Sapi Pak Syamsul

Mau Nyoto Di Jogja Pagi ini? Mampir Saja ke 5 Warung Soto Enak Ini

Berada di kawasan Pasar Kolombo, mampirlah ke Soto Daging Sapi Pak Syamsul. Buka sejak pukul 6.30 pagi, Anda bisa mencicip soto sapi yang nikmat di sebuah kios sederhana. Tiap porsi soto berisi nasi, potongan daging sapi, kuah kaldu, kecambah, dan daun seledri.

Konon tekstur daging di soto ini begitu empuk dan lembut. Makin enak dengan lauk tambahan seperti babat, usus goreng, telur goreng, otak goreng, tempe, paru, hingga perkedel. Uniknya soto sapi di sini tersedia dalam ukuran kecil dan besar.

Konon Soto Daging Sapi Pak Syamsul sudah ada sejak tahun 1985. Racikan sotonya tak pernah berubah sejak dulu. Tak heran banyak pengunjung rela antre sebelum makan soto di sini.

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU