Cara Mudah Menyalakan Arang Untuk Pesta BBQ Tahun Baru

Masterceme, Kuliner -  Memanggang dan membakar aneka makanan bersama teman dan keluarga merupakan salah satu cara menyambut tahun baru yang menyenangkan. Apalagi saat kebersamaan dengan memakai alat pemanggang atau barbeque berbahan arang. 

Arang merupakan komponen penting saat memanggang makanan. Arang yang menghasilkan api yang baik akan membuat rasa makanan kian nikmat. Hanya saja, tak dimungkiri, menyalakan arang untuk memanggang makanan dibutuhkan keahlian ekstra.

Cara Mudah Menyalakan Arang Untuk Pesta BBQ Tahun Baru


Berikut cara mudah menyalakan arang untuk memanggang saat pesta tahun baru:


Siapkan arang beserta alat panggangan. Letakkan di tempat yang aman dan punya ruang yang luas.


Pastikan panggangan dalam keadaan bersih, kering, dan bebas dari abu serta kotoran. Bersihkan puing-puing sisa yang biasanya ada di bagian bawah panggangan dan sudut-sudut alat pemanggang.


Pastikan pula alat pemanggang memiliki udara atau oksigen yang cukup agar api nantinya tak mudah padam.

 Daftar Sekarang


Siapkan arang dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan tempat pemanggangan. Arang juga dapat dicampur dengan kayu atau batok kelapa yang belum terbakar agar api tahan lama dan menghasilkan aroma yang khas.


Kelompokkan arang atau bara hingga membentuk piramida di bagian bawah panggangan. Komposisi ini membantu api menyebar dengan rata.


Gunakan cairan arang ringan untuk membantu menghasilkan api yang tahan lama. Tuangkan cairan tersebut dan biarkan meresap 3-5 menit.

Dikutip dari Wiki How, Cairan ini dapat diganti dengan selembar koran yang disiram dengan minyak sayur. dan diletakkan di bawah arang.


Nyalakan api dengan korek di bagian arang yang basah dan biarkan api menyebar ke bara yang keting. Biarkan api terbakar 10-15 menit.

Arang akan siap digunakan untuk memasak saat mulai berwarna putih abububu dan kemerahan di bagian tengah.


Gunakan sarung tangan dan bantuan penjepit untuk menata arang yang terbakar.

Sayuran dan daging tipis seperti ayam dapat dipanggang di bagian arang yang rata. Sedangkan daging yang lebih tebal sebaiknya dibakar di arang yang tebal dengan api yang lebih besar. 

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU