Makan Kue Mochi Yang Berujung Petaka

Masterceme, Kuliner - Tradisi perayaan tahun baru di Jepang dengan memakan kue mochi berubah menjadi petaka setelah satu orang meninggal dunia. Kue mochi 'pembawa petaka' itu juga membuat 15 orang lainnya dilarikan untuk mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Korban umumnya merupakan anak-anak dan orang tua berusia lanjut. Sekitar 15 orang yang dilarikan ke rumah sakit diketahui berusia lebih dari 68 hingga 96 tahun.

Makan Kue Mochi Yang Berujung Petaka

Petaka akibat kue mochi sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Dari tahun ke tahun, mochi hampir selalu menelan korban jiwa karena tersedak. Tahun lalu, sekitar 12 orang dilarikan ke rumah sakit dan satu orang dilaporkan meninggal dunia.


Mengutip Japan Today, salah satu kasus akibat mochi paling populer terjadi pada 2001 ketika seorang wanita menggunakan penyedot debu untuk membantu mengeluarkan moci yang tersangkut di tenggorokan ayahnya yang berusia 70 tahun.

 Daftar Sekarang

Memakan kue mochi bersama untuk merayakan tahun baru merupakan tradisi turun temurun yang tak bisa dipisahkan dari masyarakat Jepang.

Mochi menjadi simbol keberuntungan dan melambangkan rezeki bagi setiap orang yang memakannya.

Kue yang memiliki diameter sekitar 5-8 cm itu acapkali dimasukkan langsung ke mulut dalam sekali gigitan. Ukurannya yang tidak kecil, tapi juga tidak terlalu besar membuat orang malas untuk memotongnya.

Terlebih bahan baku mochi yang terbuat dari beras ketan membuat teksturnya lengket sehingga sulit melewati kerongkongan.

Pemerintah Jepang sebelumnya sudah mengeluarkan anjuran untuk memotong mochi dalam ukuran kecil agar lebih mudah dimakan.

Pemerintah juga menyarankan untuk makan mochi dengan dikunyah secara perlahan. Setiap orang juga diminta memperhatikan anak-anak dan lansia yang mengunyah mochi. Anjuran ini berguna agar mochi tak lagi menjadi petaka saat tahun baru.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU