Yuk Lebih Mengenal 'Peta' Jerawat yang Ada di Wajah Dan Cara Untuk Mengatasinya

Masterceme, Kesehatan - Meski hanya satu buah, jerawat di wajah pasti mengganggu tampilan. Namun yang pasti, tak selalu ada penyebab yang jelas untuk jerawat.

Sekalipun sudah membersihkan wajah dengan rajin dan menghindari makanan pemicu namun jerawat tetap saja bakal muncul. Ada banyak faktor penyebab jerawat, dari gaya hidup, tekanan lingkungan, gangguan hormon, genetik, dan lainnya.

Yuk Lebih Mengenal 'Peta' Jerawat yang Ada di Wajah Dan Cara Untuk Mengatasinya

Dokter kulit New York Joshua Zeichner mengungkapkan bahwa untuk mencegah dan mengatasi jerawat Anda harus memperhatikan karakteristik masing-masing jerawat, misalnya lokasi dan jenisnya.


1. Jerawat kecil di sepanjang garis rambut

Jika jerawat Anda sangat dekat dengan kulit kepala, maka hampir bisa dipastikan kalau ini disebabkan oleh bahan atau senyawa penyumbat pori-pori dari produk perawatan rambut.

Beberapa di antaranya adalah isopropyl palmitate dan beberapa jenis minyak mineral juga lilin.

Mengutip Marie Claire, untuk mengatasinya pilih produk perawatan rambut yang non komedo, anti-iritasi dan tak menyumbat pori-pori.

2. Banyak jerawat di bagian bawah wajah

Pernah punya jerawat kecil di bagian dagu dan rahang? Zeichner mengungkapkan bahwa jerawat di sini mengindikasikan bahwa ada masalah hormonal yang Anda alami.

3. Beberapa noda pada kulit berminyak, tanpa pola

Noda kemerahan di wajah tak ada hubungannya dengan hormon, namun biasanya disebabkan oleh kotoran, minyak, sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sampai menjadi komedo.

4. Noda pada kulit normal sampai kering dengan pola yang terlihat

Jika Anda memiliki kulit normal hingga kering, adanya jerawat mungkin disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Namun perawatan kulit jenis ini harus berbeda dari kulit berminyak.

Gunakan pembersih wajah dengan bahan aktif asam salisilat yang menipiskan sebum dan punya antibakteri.

5. Jerawat dengan kemerahan acak di wajah

Jika jerawat dan kemerahan tak parah maka Anda bisa menutupi jerawat dengan 'tambalan gel' hidrokoloid. Ini akan mencegah Anda untuk menyentuh dan memencet jerawat yang bisa menyebabkan peradangan.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU