Pil Kina Cuma Bisa Obati Infeksi Virus Corona Yang Berat

Jpoker99, Kesehatan - Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto  menyatakan chloroquine atau pil kina hanya cocok untuk penanganan infeksi virus corona (covid-19) berat dan berat yang disertai komplikasi.

Perhimpuan Dokter Paru Indonesia menyatakan chloroquine hanya cocok digunakan untuk mengobati infeksi virus corona berat dan berat dengan komplikasi. Ilustrasi.

"Protokol PDPI dalam bagian tatalaksana ada chloroquine posphate, tapi itu hanya untuk pneumonia Covid-19 berat dan berat dengan komplikasi.

Menurut Agus, penggunaan chloroquine tidak bisa diterapkan pada kasus covid-19 ringan. Bahkan, jika tidak hati-hati, penggunaan chloroquine akan mengganggu ginjal dan liver pengguna.

"Jadi (chloroquine) hanya untuk di rumah sakit dan harus sesuai kondisi serta kriteria kasus covid-19 berat dan berat dengan komplikasi," tambahnya.

Berdasarkan Panduan Praktik Klinik PDPI, pasien covid-19 masuk dalam klasifikasi berat bila pasien memiliki riwayat demam atau saat pengukuran suhu lebih dari 38 derajat celsius disertai batuk dalam kurun waktu 14 hari terakhir serta membutuhkan perawatan di ruang isolasi rumah sakit.

Sementara, yang termasuk dalam klasifikasi berat dengan komplikasi yakni memiliki gejala serupa tapi juga disertai komplikasi berupa Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) atau cairan dalam kantung udara kecil dan elastis pada paru-paru.

 Daftar Sekarang

Gejala ARDS biasanya termasuk napas menjadi sangat pendek, sesak napas, tekanan darah turun, banyak berkeringat, dan sebagainya.

Selain ARDS, komplikasi yang dimaksud juga bisa berupa sepsis dan syok sepsis (peradangan di seluruh tubuh akibat infeksi).

Sebelumnya, pada Jumat (20/3) malam, Presiden Joko Widodo mengatakan telah menyiapkan 3 juta obat chloroquine untuk menangani infeksi virus corona (Covid-19).

Obat chloroquine phospate merupakan obat yang murah dan sudah digunakan dalam dunia medis sejak 70 tahun lalu. Chloroquine aman digunakan pada dosis rendah dan sedang, tapi juga dapat menjadi racun dalam dosis yang tinggi.


Pil kina terkenal karena keampuhannya menyembuhkan dan mencegah malaria. Tak hanya malaria, kina juga digunakan pada sejumlah penyakit.

Kandungan antivirus dan antiinflamasi dalam kina bisa melawan penyakit seperti rheumatoid arthritis, dan lupus erythematosus. Manfaat kina juga digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, memperbaiki fungsi perut, kram, dan untuk kesehatan kulit.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU