Konsumsi Alkohol pada Ibu Hamil Bisa Sebab kan Gangguan Fungsi Kognitif Pada Anak

Masterceme, Kesehatan - Ibu hamil harus selalu menjaga asupan makanan demi kesehatan tubuh dan janin dalam kandungannya. Studi terbaru mengkonfirmasi efek negatif dari konsumsi alkohol selama kehamilan.

Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology menemukan, konsumsi alkohol mengakibatkan gangguan fungsi kognitif dan berat badan bayi rendah.

Konsumsi Alkohol pada Ibu Hamil Bisa Sebat kan Ganggua Fungsi Kognitif Pada Anak

Tim peneliti dari University of Bristol memeriksa 23 studi mengenai konsumsi alkohol selama kehamilan. Studi menggunakan metode yang beragam seperti percobaan terkontrol membandingkan anak-anak dari keluarga yang sama.

Peneliti membandingkan anak yang lahir dari ibu yang sama sekali tidak menyentuh alkohol dan anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi alkohol selama kehamilan.

Penulis studi dari Bristol University, Luisa Zuccolo mengatakan, alkohol terbukti berdampak negatif, bahkan sebelum anak-anak tumbuh.

"Studi kami mengkonfirmasi bahwa konsumsi alkohol selama kehamilan bisa memengaruhi kemampuan kognitif anak, termasuk pendidikan mereka. Kemudian bisa membuat bayi lahir dengan berat badan rendah," kata Zuccolo, dikutip dari The Independent.

Selama ini Zuccolo mengamati produsen alkohol mempromosikan produknya dengan memberikan informasi yang membingungkan. Tak ada yang menjelaskan secara gamblang mengenai implikasi konsumsi alkohol pada ibu hamil.

Umumnya, konsumsi alkohol memiliki batas aman. Namun buat ibu hamil, tak ada batas aman mengenai hal ini.

Mengutip situs Tommy's, saat masuk ke dalam tubuh, alkohol akan masuk ke darah melalui plasenta, untuk kemudian menuju janin.

Agar aman, ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol sama sekali, terutama pada tiga bulan pertama kehamilan.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU