7 Tips Aman Dan Bersih Untuk Membuat Jamu Di Rumah Sendiri

Masterceme, Kesehatan - Konsumsi jamu dipercaya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Anda bisa mengolah jamu sendiri di rumah menggunakan pilihan tumbuhan obat yang tersedia.

Mengolah jamu sendiri di rumah bukan perkara mudah. Anda juga perlu memperhatikan keamanan dan kebersihan saat pengolahan.

Ilustrasi. Perhatikan beberapa tips untuk mengolah jamu di rumah agar tetap aman dan bersih dari kuman.

Mengutip buku panduan Serba Covid-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, berikut tips pengolahan jamu di rumah tangga.

1. Cuci bahan segar

Cuci bahan segar jamu atau tumbuhan obat pilihan menggunakan air mengalir. Mencucinya dengan menggunakan sabun hanya akan meninggalkan jejak-jejak zat kimia dalam bahan yang bisa berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi.

Setelah dicuci, simpan bahan-bahan segar dalam tempat bersih dan keringkan.


2. Perhatikan kebersihan alat

Pastikan tempat dan peralatan yang digunakan berada dalam keadaan bersih. Anda disarankan untuk menggunakan peralatan berbahan stainless steel.

3. Kebersihan pembuat jamu

Tak hanya kebersihan bahan dan alat yang perlu diperhatikan, kebersihan Anda si pembuat jamu pun perlu dijaga.

Gunakan pakaian bersih saat meracik jamu. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik sebelum mengolah jamu. Gunakan pula masker dan sarung tangan saat proses pengolahan.

4. Cara pembuatan

Rebus bahan-bahan jamu dengan menggunakan air bersih hingga mendidih.

5. Simpan pada wadah yang sesuai

Setelah matang dan mendidih, simpan rebusan tumbuhan obat pada wadah yang sesuai atau food grade. Jangan menggunakan botol bekas air mineral sekali pakai untuk menyimpan jamu.

6. Simpan pada suhu yang tepat

Jamu perlu disimpan dalam suhu yang sejuk. Anda bisa menyimpannya dalam kulkas dan dipanaskan kembali saat akan diminum. Namun, jangan disimpan terlalu lama.

7. Pastikan tak ada perubahan

Sebelum dikonsumsi, pastikan tidak ada perubahan warna, bau, dan rasa pada jamu yang telah disimpan dalam beberapa waktu.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU