Cara Tepat Untuk Mencuci Talenan Agar Bebas Dari Kuman

Masterceme, Gaya Hidup - Dari sekian banyak perlengkapan dapur, talenan menjadi satu perkakas yang paling sibuk. Talenan membantu Anda memotong bahan makanan mulai dari sayur hingga daging.

Aktivitas 'sibuk' itu tak heran membuat talenan menyimpan banyak bakteri. Dengan demikian, penting untuk menjaga kebersihan talenan dengan cara mencuci yang tepat.

Talenan menjadi salah satu perkakas dapur yang menyimpan banyak bakteri. Cuci dengan cara yang tepat agar talenan bebas dari kuman.

Berikut cara tepat mencuci talenan, mengutip Real Simple.

1. Cuci dengan sabun pencuci piring

Tak sulit untuk membersihkan talenan. Anda cukup menyiapkan air panas, sabun pencuci piring, dan sikat atau spons.

Siram talenan dengan air panas, kemudian bubuhkan sabun dan sikat permukaannya. Penyikatan akan membantu membersihkan sisa makanan dari dari sela-sela bekas pisau.


Jangan lupa bersihkan sisi kanan dan kiri talenan karena bisa saja terdapat cairan dari bahan makanan yang menetes. Bilas dengan air panas lalu keringkan dengan lap bersih.

2. Cuci dengan pemutih

Talenan kayu cukup bisa diandalkan untuk alas memotong daging. Untuk memastikan bakteri hilang, cuci talenan dengan menggunakan cairan pemutih.

Campur satu sendok makan cairan pemutih dengan sekitar 3 liter air. Rendam talenan dan diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air bersih lalu keringkan.

3. Cuci dengan cuka

Jika Anda ingin menggunakan produk pembersih bebas bahan kimia, gunakan cuka yang dicampur dengan air dengan perbandingan 1:4.

Rendam talenan dalam campuran cuka selama beberapa menit lalu bilas. Jangan merendamnya terlalu lama karena asam cuka bisa membuat kayu melengkung atau rusak.

4. Campuran lemon dan garam

Untuk membantu menjaga kebersihannya, bersihkan talenan dengan campuran lemon dan garam setiap bulan.

Taburkan garam pada talenan. Anda bisa menggunakan garam laut atau garam lain yang memiliki ukuran butiran besar.

Belah lemon lalu gunakan untuk menggosok talenan. Gosok merata hingga ke semua sisi. Diamkan kira-kira selama 5 menit.

Sebagai langkah terakhir, gosok talenan dengan spons dan bilas dengan air.

5. Merawat talenan plastik

Talenan satu ini umumnya digunakan untuk memotong bahan makanan matang seperti sayuran yang sudah dikukus.

Tak berbeda dengan talenan kayu, talenan plastik juga perlu dicuci dengan air panas dan sabun pencuci piring.

Namun, gunakan racikan tertentu jika Anda menemukan noda di atasnya. Campurkan 1 sdm baking soda, 1 sdm garam, dan 1 sdm air. Bubuhkan campuran tersebut pada bagian noda dan biarkan selama beberapa menit. Sikat dan bilas dengan air.

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU