6 Macam Pilihan Meditasi Yang Mudah Untuk Pemula

Masterceme, Gaya Hidup - Dibutuhkan konsentrasi tinggi dan teknik khusus untuk melakukan meditasi. Namun, bukan berarti Anda tak bisa mencobanya sendiri di rumah. Ada beberapa jenis meditasi mudah untuk pemula yang bisa Anda coba.

Ilustrasi. Ada beberapa jenis meditasi mudah untuk pemula yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Merasa cemas adalah respons normal setiap manusia saat berhadapan dengan situasi penuh tekanan dan serba tak pasti. Meditasi umumnya hadir untuk meredam kecemasan dengan memberikan ketenangan dan membuat Anda terlarut di dalamnya.

Meditasi sendiri merupakan praktik yang menghubungkan pikiran dan tubuh. Tak hanya membuang jauh-jauh emosi negatif, meditasi juga bisa memberikan kesegaran untuk tubuh.

Berikut beberapa teknik meditasi untuk pemula yang bisa Anda coba.

1. Tapping

Tapping berdasar pada teknik akupresur dan psikologi. Para ahli kesehatan holistik percaya bahwa tubuh memiliki beberapa area atau titik vital.

Langkah pertama untuk memulai meditasi tapping adalah berkonsentrasi pada emosi negatif, baik itu rasa takut atau kecemasan yang membebani Anda. Sembari menahan emosi, gunakan ujung jari untuk mengetuk titik-titik meridian tubuh.

Beberapa ahli percaya bahwa cara tersebut dapat menenangkan sistem saraf dan memberikan perasaan lega serta aman.

2. Meditasi suara

Ilustrasi. Ada berbagai pilihan meditasi untuk pemula yang bisa Anda coba.

Tak semua orang merasa nyaman dengan meditasi dalam keheningan. Jika Anda termasuk salah seorang di antaranya, nyalakan pengeras suara Anda dan nikmati alunan suara yang terdengar.

Meditasi suara terbilang mudah. Mengutip Allure, Anda hanya diminta untuk memfokuskan perhatian terhadap suara-suara yang hadir.

Macam-macam suara bisa Anda pilih. Umumnya, orang-orang menggunakan suara Tibetan singing bowl untuk bermeditasi. Selain itu, Anda juga bisa mencari suara-suara alam yang menimbulkan perasaan nyaman ataupun musik instrumental.


Tak perlu pusing, di zaman serba canggih seperti sekarang, Anda bisa mendapatkan suara-suara pengantar meditasi dalam layanan musik streaming.

3. Meditasi terpadu

Teknologi membuat segalanya jadi lebih mudah. Salah satunya bermeditasi.

Aplikasi banyak membantu meditasi untuk pemula. Anda akan dibimbing oleh suara instruktur dalam aplikasi dengan jenis-jenis meditasi yang bisa Anda pilih sendiri.

4. Pemindaian tubuh

Ilustrasi. Memfokuskan perhatian pada gambaran orang-orang yang tersayang dapat menjadi salah satu meditasi untuk pemula yang mudah untuk dicoba.

Pemindaian tubuh akan membantu Anda mengenali rasa sakit atau segala rasa yang dimiliki tubuh.

Berbaring lah di tempat yang nyaman. Tutup mata Anda dan ambil napas secara teratur dalam beberapa menit untuk menenangkan diri.

Saat Anda siap, berikan konsentrasi dan seluruh energi ke kaki. Fokuskan perhatian pada setiap rasa tidak nyaman. Tarik napas dalam-dalam dan sadari rasa sakit serta pelan-pelan menyingkirkannya.

Lakukan hal yang sama pada bagian tubuh lainnya seperti lengan, punggung, pundak, hingga bagian kepala. Idealnya, habiskan waktu selama 15-20 menit sehari untuk melakukan meditasi jenis ini.

5. Meditasi cinta kasih

Meditasi jenis ini disebut pula meditasi Metta. Meditasi untuk pemula satu ini berakar pada rasa cinta kasih yang dimiliki setiap manusia. Meditasi ini diklaim baik untuk meningkatkan perasaan suka cita dan cinta terhadap diri sendiri juga orang lain.

Anda bisa memulainya dengan duduk dalam posisi nyaman seraya memejamkan mata. Anda juga bisa membuat mantra belas kasih seperti kalimat 'Semoga aku bahagia' dan ucapkan dengan lantang.

Setelah itu, arahkan fokus Anda pada gambaran atau visual orang-orang yang Anda sayangi. Ubah mantra yang diucapkan lantang dengan 'Semoga mereka bahagia'.

Anda bisa membuat mantra sepanjang ada sependek apa pun sesuai keinginan.


6. Meditasi berjalan

Berjalan kaki menjadi aktivitas sehari-hari yang kerap dilakukan. Tak ada yang aneh pada berjalan kaki. Hanya saja, pada meditasi berjalan, Anda diminta untuk memfokuskan perhatian pada kelima indera dan lingkungan.

Rasakan tekanan saat kaki mulai menyentuh tanah. Dengarkan suara daun yang bergerak. Tengok dan perhatikan apa pun yang ada di sekitar Anda. Cium bau yang hadir di sekeliling. Atur kecepatan napas dengan tenang.

Meditasi berjalan sangat cocok untuk pemula. Gerakan seperti berjalan kaki membantu Anda untuk menjaga pikiran agar tetap hadir tanpa perlu terjebak dalam rasa cemas. 

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU