Cara Deteksi HIV Dan Kenali Gejalanya Sejak Dini

Indonesia, Kesehatan - Cara mendeteksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) dapat dilakukan dengan mengetahui gejala-gejala yang muncul sejak dini. Mengenali gejala sejak awal dapat membantu memastikan pengobatan yang tepat untuk mengendalikan perkembangan virus.

HIV menyerang sistem imun tubuh yang berfungsi untuk melawan berbagai infeksi. Jika tak ditangani, HIV akan menggerogoti sel T yang bertugas untuk membantu fungsi sistem imun. Akibatnya, tubuh penderita akan sangat rentan terhadap infeksi.

Cara Deteksi HIV Dan Kenali Gejalanya Sejak Dini

Infeksi HIV tak selalu menimbulkan gejala yang nampak. Gejala dapat bervariasi tergantung pada tahapan penularan.

Pada fase pertama, kebanyakan orang mengalami gejala serupa flu. Meski sulit dibedakan dengan infeksi saluran pencernaan atau pernapasan, namun tanda awal ini dapat menjadi cara terbaik untuk mendeteksi HIV sejak dini.

 Daftar Sekarang

Mengutip Healthline, gejala HIV fase pertama umumnya meliputi:

1.Sakit kepala

2.Demam

3.Kelelahan

4.Pembengkakan kelenjar getah bening

5.Sakit tenggorokan

6.Sariawan

7.Ruam

8.Nyeri otot dan sendi

9.Bisul di mulut

10.Bisul pada alat kelamin

11.Keringat malam

12.Diare

Gejala pada fase awal umumnya muncul satu hingga dua bulan setelah terinfeksi. Dalam beberapa kasus, gejala dapat muncul pada dua pekan setelah terinfeksi.

Penting untuk diingat bahwa gejala HIV tahap awal tak jauh berbeda dengan penyakit-penyakit umum lainnya. Setelah deteksi dini HIV dikenali, pastikan status penyakit dengan berkonsultasi langsung dengan medis atau pihak penyedia layanan tes HIV.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU