6 Maknan Yang Ampuh Untuk Meredam Kecemasan

Masterceme, Kesehatan - Kecemasan adalah masalah umum yang dihadapi banyak orang. Apalagi di tengah situasi tak menentu seperti sekarang, saat kita menghadapi pandemi Covid-19.

Ilustrasi. Beberapa makanan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak sekaligus meredam kecemasan.

Kecemasan umumnya ditandai dengan kekhawatiran dan kegelisahan yang konstan. Selain berolahraga dan berlatih pernapasan dalam, beberapa makanan disebut dapat meredam rasa cemas.

Beberapa makanan ini diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

Melansir Healthline, berikut 6 makanan dan minuman yang dapat meredam kecemasan.

1. Salmon

Segudang manfaat kesehatan yang dimiliki salmon sudah bukan rahasia lagi. Salmon juga diketahui bermanfaat untuk mengurangi kecemasan.

Salmon mengandung nutrisi yang meningkatkan kesehatan otak seperti vitamin D serta asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Beberapa penelitian menemukan, asam lemak jenis ini dapat mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang bisa mengakibatkan kecemasan.

Mengonsumsi EPA dan DHA dalam jumlah cukup dapat meningkatkan kemampuan otak untuk beradaptasi terhadap perubahan. Konsumsi keduanya juga membantu Anda mengatasi stressor yang bisa memicu kecemasan.

Sementara itu, beberapa penelitian menemukan vitamin D dapat membantu meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin yang dapat memberikan rasa nyaman dan tenang.

 Daftar Sekarang

2. Chamomile

Chamomile memang dikenal sebagai salah satu peredam kecemasan yang paling ampuh.

Selain dari aromanya yang menenangkan, kandungan antioksidan yang tinggi dalam chamomile juga dipercaya dapat mengurangi peradangan yang dapat meningkatkan risiko kecemasan.

3. Kunyit

Ilustrasi. Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, curcumin yang dimiliki kunyit juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak.

Selain dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, senyawa curcumin yang ada pada kunyit juga disebut dapat meningkatkan kesehatan otak.

Penelitian pada hewan menemukan, curcumin dapat meningkatkan asam lemak omega-3 DHA di otak.

Selain itu, sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimiliki juga membuat curcumin efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel otak.

4. Cokelat hitam

Memasukkan beberapa cokelat hitam ke dalam makanan juga dapat membantu mengurangi kecemasan. Cokelat hitam mengandung flavonoid sebagai agen antioksidan yang meningkatkan kesehatan otak.

Flavonoid bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke otak serta meningkatkan kemampuan otak untuk beradaptasi dengan situasi stres.

Selain itu, mengonsumsi cokelat hitam juga terbukti dapat meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin yang dapat mengurangi stres.

Namun, perlu dicatat, cokelat hitam akan efektif jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Perlu diketahui, cokelat hitam mengandung tinggi kalori. Konsumsi sebanyak 1-1,5 ons cokelat hitam sebagai porsi aman.

5. Yogurt

Probiotik yang ditemukan dalam beberapa jenis yogurt dapat meningkatkan kesehatan, termasuk kesehatan mental.

Studi menemukan, probiotik dapat meningkatkan fungsi otak dengan menghambat radikal bebas dan neurotoksin yang dapat merusak jaringan saraf di otak dan menimbulkan kecemasan.


6. Teh hijau

Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang memberikan efek positif pada kesehatan otak dan mengurangi kecemasan.

Dalam sebuah penelitian kecil, orang yang mengonsumsi L-theanine mengalami penurunan kadar stres yang bisa memicu kecemasan.

Selain itu, studi lain juga menunjukkan, minuman yang mengandung L-theanine dapat menurunkan kadar hormon kortisol, hormon pemicu stres.

Beberapa makanan lain yang dipercaya dapat mengurangi kecemasan di antaranya pisang, gandum, telur, produk susu, jeruk, kacang almond, dan blueberry.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU