Dokter Paru : Pasien Yang Sembuh COVID-19 Bisa Kena Re-infeksi

Masterceme,Kesehatan - Data kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia semakin tinggi. Penelitian juga mengungkapkan bahwa tingkat kesembuhan dari infeksi virus corona ini juga tinggi. Namun yang memperparah adalah adanya komorbid atau penyakt penyerta.

Hanya saja di tengah tingkat kesembuhan yang makin tinggi ini banyak orang pada akhirnya mempertanyakan apakah orang yang sudah sembuh ini memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut?

Di tengah tingkat kesembuhan yang makin tinggi ini banyak orang mempertanyakan apakah yang sudah sembuh memiliki kekebalan terhadap penyakit Covid-19?

Tidak ada jawaban yang jelas untuk pertanyaan ini, kata para ahli.

Dokter paru Rumah Sakit Persahabatan Andika Chandra Putra mengatakan pasien COVID-19 yang telah sembuh dari penyakit tersebut dapat kembali terinfeksi jika kembali terkena paparan.

"Ya, itu reinfeksi lagi," katanya melalui sambungan telepon kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan seseorang yang telah dinyatakan negatif atau sembuh dari paparan virus SARS-COV-2, penyebab penyakit COVID-19, dapat kembali terinfeksi jika orang tersebut tidak melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap kemungkinan penularan kembali. 

"Saya belum tahu secara pasti, tetapi kalau antibodinya sudah terbentuk, kemungkinan respons atau reaksi terhadap virus tersebut tidak begitu berat," katanya.


Tetapi untuk virus berbasis RNA seperti Sars-Cov-2 - nama ilmiah untuk bug yang menyebabkan penyakit COVID-19 - dibutuhkan sekitar tiga minggu untuk membangun jumlah antibodi yang cukup, dan bahkan kemudian mereka dapat menyediakan perlindungan hanya beberapa bulan, kata  Eric Vivier, seorang profesor imunologi dalam sistem rumah sakit umum di Marseilles dikutip dari AFP.

Setidaknya itulah teorinya.

Virus corona

"Kami tidak memiliki jawaban untuk itu - ini tidak diketahui," Michael Ryan, direktur eksekutif Program Keadaan Darurat Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan dalam konferensi pers minggu ini ketika ditanya berapa lama pasien COVID-19 yang pulih akan memiliki kekebalan.

"Kami berharap itu menjadi periode perlindungan yang wajar, tetapi sangat sulit untuk mengatakan dengan virus baru - kami hanya dapat memperkirakan dari virus corona lain, dan bahkan data itu sangat terbatas."

Untuk beberapa penyakit virus seperti campak, kemampuan tubuh mengatasi penyakit akan memberikan kekebalan seumur hidup.

"Diimunisasi berarti Anda telah mengembangkan respons kekebalan terhadap virus sehingga Anda dapat menolaknya," jelasnya.

"Sistem kekebalan tubuh kita ingat, yang biasanya mencegah Anda terinfeksi oleh virus yang sama di kemudian hari."

Untuk SARS, yang menewaskan sekitar 800 orang di seluruh dunia pada tahun 2002 dan 2003, pasien yang pulih tetap dilindungi "rata-rata sekitar tiga tahun," kata Francois Balloux direktur Genetics Institute di University College London, kepada AFP.

"Seseorang pasti bisa terinfeksi ulang, tetapi setelah berapa lama?"

Negatif 'palsu'

Sebuah studi baru-baru ini dari Tiongkok yang belum melalui peer review melaporkan tentang monyet rhesus yang pulih dari Sars-Cov-2 dan tidak terinfeksi kembali ketika terpapar virus sekali lagi.

"Tapi itu tidak benar-benar mengungkapkan apa-apa," kata peneliti Institut Pasteur Frederic Tangy, mencatat bahwa percobaan berlangsung hanya sebulan.

Memang, beberapa kasus dari Korea Selatan - salah satu negara pertama yang terkena virus corona baru - menemukan bahwa pasien yang pulih dari COVID-19 kemudian dinyatakan positif virus.

Tetapi ada beberapa cara untuk menjelaskan hasil itu, para ilmuwan memperingatkan. Salah satunya adalah karena virus itu tidak pernah hilang sepenuhnya sejak awal, dan tetap aktif tanpa gejala. Balloux mengungkapkan contohnya seperti herpes.

Karena tes untuk virus hidup dan antibodi belum disempurnakan, juga mungkin bahwa pasien ini pada beberapa titik diuji "false negative" padahal sebenarnya mereka belum menyingkirkan patogen dengan sempurna.


"Tetapi apakah respons antibodi itu sebenarnya berarti kekebalan adalah pertanyaan terpisah," komentar Maria Van Kerhove, Pimpinan Teknis Program Keadaan Darurat WHO.

"Itu adalah sesuatu yang benar-benar harus kita pahami dengan lebih baik - seperti apa tanggapan antibodi itu dalam hal kekebalan."

Untuk saat ini, juga tidak jelas antibodi siapa yang lebih kuat dalam mengalahkan penyakit: seseorang yang hampir meninggal, atau seseorang dengan gejala ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali. Dan apakah usia membuat perbedaan?

Menghadapi semua ketidakpastian ini, beberapa ahli ragu tentang kebijaksanaan mempertahankan strategi "herd immunity" sehingga virus - yang tidak dapat menemukan korban baru - menghilang dengan sendirinya ketika sebagian besar populasi kebal.

"Satu-satunya solusi nyata untuk saat ini adalah vaksin," kata Archie Clements, seorang profesor di Curtin University di Perth Australia.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU