5 Tips Saat Anda Berkunjung Ke Kawah Putih Ciwidey

Indonesia, Wisata - Kasi Pemadaman dan Investigasi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kabupaten Bandung, M. Saepuloh, di Bandung, Senin (7/10), mengatakan peristiwa kebakaran hutan di Kawah Putih Ciwidey terjadi sejak sekitar pukul 14.30 WIB.

5 Tips Saat Anda Berkunjung Ke Kawah Putih Ciwidey

"Ini bencana nasional karena skalanya sudah tidak bisa lagi sama dua atau tiga unit mobil pemadam, bahkan 10 mobil pun tidak akan mati, karena medannya tinggi, kemiringannya 60 derajat, personil kita kesulitan," ucap Saepulloh.

Maka dari itu, kata dia, Pemkab Bandung mengajukan permohonan bantuan kepada BNPB untuk bisa menerjunkan pesawat atau helikopter bom air.

Saat ini kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey masih ditutup untuk umum. Pembukaan kembali masih menunggu kebakaran hutan padam agar tak membahayakan turis - yang setiap akhir pekan banyak datang dengan rombongan keluarga.

Kawah Putih Ciwidey menjadi objek wisata pilihan setelah mata air panas Ciater. Pemandangan kawah belerang berwarna putih kebiruan menjadi sajian utamanya. Banyak pasangan yang datang ke sini untuk melakukan foto pre-wedding.

 Daftar Sekarang

Ada dua cara untuk datang ke Kawah Putih Ciwidey, selain menggunakan mobil pribadi juga bisa datang dengan bus.

Jika ingin menggunakan bus, turis dapat naik dari Terminal Leuwi Panjang jurusan Bandung yang berhenti di Terminal Ciwidey. Setelah itu melanjutkan perjalanan dengan angkot kuning jurusan Ciwidey menuju Situ Patengang, turun di pintu gerbang Kawah Putih, lalu naik mobil bak terbuka sampai ke area kawah.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi dapat jalan dari Pusat Bandung kemudian cari Jalan Raya Soreang Ciwidey melalui jalur Stadion si Jalak Harupat - Taman Kelinci Ciwidey - Ciwidey Valley Resort - Kampoeng Strawberry - Wisata Kawah Putih.

5 Tips Saat Anda Berkunjung Ke Kawah Putih Ciwidey

Berikut adalah tips saat berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey:


Kawah Putih Ciwidey merupakan kawah belerang yang aktif. Bau belerang bisa saja menyengat sewaktu-waktu sehingga masker perlu disiapkan.


Suhu sekitar kawah terbilang dingin, sekitar 8-12 derajat Celcius. Baju lengan panjang atau jaket bisa dikemas dalam tas untuk menghangatkan saat angin dingin bertiup.


Selain warung makanan dan penjual oleh-oleh, jarang ada tempat berteduh di sekitar kawah. Kalau tak tahan panas matahari, jangan lupa pakai topi atau bawa payung.


Bagi yang berniat mengambil foto atau video sebaiknya datang lebih pagi.

Selain menghindari kemacetan, datang lebih awal juga membuat foto atau video lebih sepi dari kerumunan turis.


Yang perlu diketahui, Kawah Putih Ciwidey bakal lebih indah saat didatangi kala musim panas atau sepanjang Maret sampai Agustus.

Jangan lupa memantau informasi mengenai status aktif Kawah Putih Ciwidey sebelum datang, begitu juga dengan informasi kebakaran hutan yang sedang terjadi saat ini.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU