5 Hal Yang Perlu Kita pelajari Dari Sulli Dan Mencegah Keinginan Untuk Bunuh Diri

Indonesia, Kesehatan - Kabar mengejutkan datang dari dunia K-pop. Mantan anggota girlband f(x) sekaligus aktris Sulli ditemukan meninggal dunia di kediamannya di Seongnam, Korea Selatan, pada Senin (14/10). Polisi melaporkan bahwa penyanyi berusia 25 tahun itu tewas karena bunuh diri.

5 Hal Yang Perlu Kita pelajari Dari Sulli Dan Mencegah Keinginan  Untuk Bunuh Diri

Sulli diduga menderita depresi berat hingga akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Sulli sendiri diketahui pernah mengaku sedang menjalani masa-masa sulit hingga mengalami kecemasan sosial ekstrem.

Bunuh diri merupakan masalah yang harus dianggap serius dan bisa memengaruhi siapa saja tanpa mengenal usia. Keinginan bunuh diri datang dari depresi berat yang tak tertangani, sehingga mereka merasa putus asa dan kehilangan semangat hidup.

Meski dilakukan secara diam-diam, namun keinginan bunuh diri tak datang tiba-tiba. Sebelumnya, mereka akan menunjukkan beberapa pertanda seperti merasa tertekan, kehilangan hasrat dalam beraktivitas, suasana hati tak menentu, dan masih banyak lagi.

Jika ada anggota keluarga atau teman yang menunjukkan tanda-tanda seseorang yang memiliki ide bunuh diri, maka Anda wajib mengambil tindakan.

Melansir Very Well Mind, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang melakukan percobaan bunuh diri.


Ketika seseorang mengungkapkan rasa ingin bunuh diri, jangan sepelekan obrolan tersebut. Pasalnya, hal ini bisa jadi merupakan cara mereka untuk mencari pertolongan.

Anda mungkin berpikir bahwa masalah mereka tak cukup serius untuk menuntut bunuh diri, namun perlu diingat bahwa cara mereka melihat masalah tersebut mungkin berbeda dengan Anda. Sebaiknya dengarkan apa yang mereka rasakan tanpa memberi penilaian yang menghakimi.

 Daftar Sekarang


Berbicara dengan teman atau orang terdekat bisa sangat membantu untuk melepaskan diri dari tekanan dan masalah yang mendorong upaya untuk bunuh diri.

Untuk itu, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi teman yang sedang mengalami kesulitan. Hindari berdebat dan memberi komentar yang mungkin terdengar meremehkan. Cukup dengarkan perasaannya dan tunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli.


Ketika seseorang telah menunjukkan tanda-tanda ingin bunuh diri, jangan takut untuk membahas topik tersebut. Dengan begitu, Anda memberi mereka kesempatan untuk terbuka dan memungkinkan Anda untuk membantu mereka.

5 Hal Yang Perlu Kita pelajari Dari Sulli Dan Mencegah Keinginan  Untuk Bunuh Diri

Hal yang sama juga berlaku jika seseorang pernah bicara soal keinginan bunuh diri dengan Anda. Jangan ragu untuk mengangkat topik itu kembali, tanyakan apakah keadaan mereka sudah membaik dan bagaimana perasaannya saat ini.


Berbicara memang dapat meringankan beban yang mereka rasakan, namun hal ini tak bertahan lama. Meski tak akan mudah, namun coba lah untuk dorong mereka menemui terapis atau tenaga profesional.

Jika mereka sudah mulai menemui terapis, jangan putus kontak dan terus tanyakan perkembangan dari perawatannya.


Ketika sudah menunjukkan tanda-tanda darurat, sebaiknya jangan tinggalkan mereka sendirian karena ini bisa menjadi kesempatan mereka untuk benar-benar melakukan percobaan bunuh diri.

Jauhkan benda-benda berbahaya yang bisa menjadi caranya untuk mengakhiri hidup, seperti pisau, pistol, atau obat-obatan.

Sumber : CNNINDONESIA

 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU