Seorang Pria Terkena Sindrom Langka Membuat Ususnya Bisa Produksi 'Bir'

Indonesia, Kesehatan - Selama lebih dari enam tahun, seorang pria Amerika Serikat ditemukan mabuk terus-terusan. Namun, kondisi mabuk ini tergolong misterius lantaran dia sama sekali tak pernah konsumsi minuman beralkohol atau jenis lain yang memabukkan.

Seorang Pria Terkena Sindrom Langka Membuat Ususnya Bisa  Produksi 'Bir'

Setelah diperiksa, mabuk itu ternyata disebabkan oleh ususnya yang memproduksi minuman keras. Pria berusia 46 tahun yang tak disebutkan namanya itu didiagnosis menderita penyakit langka bernama auto-brewery syndrome (ABS) atau sindrom 'penghasil bir otomatis'.

Dikutip dari Live Science, ABS merupakan kondisi yang menyebabkan bakteri di dalam usus mampu mengubah karbohidrat menjadi alkohol yang memabukkan. Kondisi akan meningkat saat orang itu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula atau karbohidrat tinggi.

Kasus langka yang menimpa pria itu dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open Gastroenterology, belum lama ini.

Gejala pertama muncul pertama kali saat pria itu mengonsumsi antibiotik pada 2011 akibat cedera ibu jari. Obat itulah yang diduga mengganggu mikrobioma usus, komunitas mikroorganisme seperti bakteri dan jamur.

Sejak saat itu, dia terus menunjukkan perilaku mabuk berat seperti sikap agresif, kurang sadar, dan rendahnya konsentrasi. Dia juga pernah ditangkap karena mengemudi dalam keadaan mabuk.

Hingga dokter menemukan sindrom tersebut, tak ada yang percaya saat pria berkata tidak pernah minum alkohol. Faktanya, konsentrasi alkohol dalam darahnya tercatat dua kali lipat dari batas legal. Petugas kesehatan dan polisi tak mempercayai dia tidak pernah minum sama sekali.

Untungnya, bibi sang pria memberi tahu kalau ada pria lain yang mengalami kasus serupa di Ohio. Mereka lalu pergi ke klinik di Ohio dan melakukan sejumlah pemeriksaan seperti tes tinja dan percobaan mengonsumsi karbohidrat.

Pria itu lalu menerima terapi dari Richmond University Medical Center selama dua bulan. Terapi itu berhasil mengembalikan kondisinya menjadi normal.

Sumber : CNNINDONESIA


 Daftar Sekarang

Posting Komentar

0 Komentar

Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU